Jumat, 11 Maret 2022

Simak! Cara Membuat Ayam betutu ala saya Ala Rumahan

Ayam betutu ala saya

Anda sedang mencari inspirasi resep Ayam betutu ala saya yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Ayam betutu ala saya yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Ayam betutu ala saya, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Ayam betutu ala saya enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Ayam betutu ala saya sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ayam betutu ala saya memakai 20 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Apa cuma saya yg kalo sdh masuk pertengahan romadhon mulai bingung masak menu buka dan sahur? 😆 dibeliin bahan makanan sama ibu sampe numpuk di kulkas bingung mau diapain, dan tiba2 aja pengen makan ayam betutu (pernah makan yg dikukus kemudian dipanggang), kalau yg saya buat sekarang lirik resep dari berbagai sumber & pakai teknik masak sendiri lebih meresaap bumbunya dan alhamdulillah buka puasa tadi makan ini sepiring berdua sama suami dg dialas daun pisang + kerupuk aduuuh udah berasa lg hanimun season dua di bali 🤣 Ma Syaa Allah

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ayam betutu ala saya:

  1. 500 gr ayam potong (kl pake 1kg bumbunya tinggal dilipatgandakan)
  2. 2 sdt kaldu bubuk / secukupnya
  3. 1 sdt gula pasir / secukupnya
  4. secukupnya Air
  5. Bumbu kasar :
  6. 5 btr bawang merah
  7. 5 btr bawang putih
  8. 2 ruas jahe
  9. 1 ruas kencur
  10. 1 ruas kunyit
  11. 5 bh cabai merah keriting (suka pedas boleh ditambah)
  12. 2 btg serai
  13. 6 cm lengkuas ambil yg muda
  14. Bumbu halus :
  15. 2 btr kemiri, goreng dulu
  16. 1 sdt ketumbar
  17. 1 ruas kunyit
  18. 1/2 bks terasi siap pakai (saya pake abc)
  19. 5 bh cabai merah (suka pedas boleh ditambah)
  20. 1/2 sdt garam

Langkah-langkah untuk membuat Ayam betutu ala saya

  1. Buat bumbu kasarnya dulu boleh dicincang halus atau pakai blender. Saya pake chopper. Kemudian buat bumbu halus dan sisihkan
  2. Tumis bumbu hingga terasi berbau harum. Masukkan ayam yang sudah dicuci bersih (boleh rebus dulu ayamnya sebelum dimasak jika mau menghilangkan lemak). Tumis ayam sampai bumbu seolah2 sudah menempel semua pada ayam
  3. Tambahkan air secukupnya. Tunggu hingga mendidih kemudian bumbui dg kaldu dan gula. Masak sampai air agak surut dan matikan api
  4. Panggang ayam di atas teflon dan lumuri sedikit demi sedikit dengan bumbunya sampai ayam agak gosong kecoklatan. Sajikan ayam dengan disiram bumbu sisa yang masih ada di wajan

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat Ayam betutu ala saya yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

0 comments:

Posting Komentar

 
Top